Diposkan pada Uncategorized

Strategi Pembangunan Ekonomi

Definisi pertumbuhan ekonomi (economic growth) suatu negara menurut Prof. simon Kuznets. “Petumbuhan ekonomi adalah kenaikan kapasitas dalam jangka panjang dari negara yang bersangkutan untuk menyediakan berbagai barang ekonomi kepada penduduknya.”

 

Pembangunan ekonomi yang dilakukan Negara-negara industri telah membuat dunia tercengang-cengang.

Strategi pembangunan ekonomi diberi batasan sebagai suatu tindakan pemilihan atas faktor-faktor (variable) yang akan dijadikan faktor/variable utama yang menjadi penentu jalannya proses pertumbuhan (suroso,1993). Dibawah ini akan di sampaikan apa saja strategi pembangunan ekonomi.

 

1. Strategi pembangunan memiliki konsep sebagai berikut :

  • Strategi pembangunan suatu Negara berpusat pada modal, dimana Negara harus bisa menanamkannya secara seimbang,menyebar,terarah dan terpusat sehingga dapat menimbulkan efek pertumbuhan ekonomi yang baik bagi Negara tersebut.

 

  • Pertumbuhan ekonomi akan dinikmati oleh kalangan lemah melalui proses merambat ke bawah (trickle-down-effect).

 

  • Jika terjadi ketimpanagn atau ketidak merataan itu semua adalah syarat terciptanya pertumbuhan ekonomi.

 

 

2. Strategi pembangunan dengan pemerataan : Memiliki konsep dengan ditekannya peningkatan pembangunan melalui tehnik sosial engineering.

 

3. Strategi ketergantungan memiliki konsep sebagai berikut :

 

  • Kemiskinan di Negara-negara berkembang disebabkan karena ketergantungan Negara tersebut terhadap pihak lain/ Negara lainnya.

 

4. Strategi yang berwawasan ruang, strategi ini dikemukakan oleh Myrdall dan hirrschman, yang berpendapat sebab-sebab kurang mampunya daerah miskin berkembang secepat daerah yang lebih maju/kaya, Menurut mereka kurang mampunya daerah miskin berkembang denga cepat dibandingkan dengan daerah yang lebih maju/kaya, dikarenakan kemampuan menyebar dari kaya ke miskin lebih kecil daripada  aliran sumber daya dari daerah miskin ke daerah kaya.

5.Strategi pendekatan kebutuhan pokok, strategi ini menanggulangi kemiskinan secara masal, dengan menekankan bahwa kebutuhan pokok manusia tidak mungkin dapat dipenuhi, jika pendapatan masih rendah akibatnya banyaknya penganguran, oleh karena itu negara harus menanggulanginya dengan membuka lapangan kerja, peningkatan pemenuhan kebutuhan pokok, dan sejenisnya.

 

Faktor utama pertumbuhan dan pembangunan ekonomi :

 

  • Akumulasi modal yang meliputi semua bentuk atau jenis investasi baru yang ditanam pada tanah, peralatan fisik, dan modal atau sumber daya manusia.
  • Pertumbuhan penduduk dan angkatan kerja.
  • Kemajuan tehnologi.

 

 

 

Penulis:

it’s nice to know everything from people around the world..!!

Tinggalkan komentar