Peta Perekonomian Indonesia

Geografis Indonesia

 

Negara Indonesia adalah Negara kepulauan dengan keluasan +/- 195 sampai 200 ha. Keadaan demikian dapat menjadi suatu kekuatan dan kesempatan bagi perkembangan ekonomi kita, dan bisa juga sebaliknya dapat menjadi kelemahan dan ancaman bagi perekonomian kita.

Banyak pulau akan menjadi kekuatan dan kesempatan, jika pulau-pulau yang sebagian besar merupakan kepulauan yang subur dan kaya akan hasil bumi dan tambang, dan dikelola dengan baik sehingga dapat dinikmati oleh masyarkat banyak.

Namun kenyataan kita memiliki kekayaan alam yang melimpah dapat juga menjadi kelemahan dalam perekonomian kita, jika sumber daya alam hanya dinikmati oleh sebagian masyarakat saja, dan banyak pihak luar yang secara ilegal mengambil kekayaan Indonesia di berbagai kepulauan.

Indonesia hanya memiliki dua musim, dengan kondisi seperti ini menyebabkan beberap produk hasil bumi dan industri menjadi sangat spesifik sifatnya. Dengan demikian diperlukan usaha untuk memanfaatkan keunikan produk Indonesia untuk memenangkan pasar lokal maupun pasar internasional.

Faktor ekonomi yang memengaruhi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi diantaranya adalah sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya modal, dan keahlian atau kewirausahaan.

  • Sumber daya alam, yang meliputi tanah dan kekayaan alam seperti kesuburan tanah, keadaan iklim/cuaca, hasil hutan, tambang, dan hasil laut, sangat memengaruhi pertumbuhan industri suatu negara, terutama dalam hal penyediaan bahan baku produksi.
  • Keahlian dan kewirausahaan dibutuhkan untuk mengolah bahan mentah dari alam, menjadi sesuatu yang memiliki nilai lebih tinggi (disebut juga sebagai proses produksi).
  • Sumber daya manusia juga menentukan keberhasilan pembangunan nasional melalui jumlah dan kualitas penduduk. Jumlah penduduk yang besar merupakan pasar potensial untuk memasarkan hasil-hasil produksi, sementara kualitas penduduk menentukan seberapa besar produktivitas yang ada.

 

  • Sumber daya modal dibutuhkan manusia untuk mengolah bahan mentah tersebut. Pembentukan modal dan investasi ditujukan untuk menggali dan mengolah kekayaan. Sumber daya modal berupa barang-barang modal sangat penting bagi perkembangan dan kelancaran pembangunan ekonomi karena barang-barang modal juga dapat meningkatkan produktivitas.

 

Mata pencarian masyarakat indonesi masih berada di sektor  pertanian, sehingga masih ketinggalan dengan rekannya yang lain yang mulai mencoba beralih menjadi sektor industri. Jika tidak segera ditinjak lanjutin masalah ini akan menjadi teori ketergantungan , bahwa spread effect akan selalu lebih kecil dari back-wash effect. Lankah-langkah yang harus ditempuh dalam mengatasi masalah tersebut adalah :

  • Memperbaiki kehidupan penduduk/petani dengan pola pembinaan dan pembangunan sarana dan prasaranya bidang pertanian.
  • Meningkatkan komoditi bidang pertanian, dan diharapkan tidak hanya untuk pasar local saja.
  • Mencoba mengembangkan agribisnis.
  • Menunjang kegiatan transmigrasi.

 

Sebagai salah satu Negara yang masih berkembang Indonesia memang menghadapi masalah sumber daya manusia, diantaranya :

  • Pertumbuhan yang masih tinggi.
  • Penyebaran yang kurang merata.
  • Kurang seimbangnya struktur dan komposisi penduduk yang ditandai dengan banyaknya penduduk yang berusia muda serta mutu penduduk yang masih relative rendah.

 

Dalam memperoleh pertumbuhan perekonomian yang tinggi diperlukanya investasi, dalam keadaan tertentu masih sulit untuk mengharapkan investasi dari masyarakat. Sehingga pemerintah memerlukan dana dari selisih penerimaan dan pengeluaran biaya rutin pemerintah. Namun sayangnya pemerintah tidak bisa terus-menerus mengandalkan tabungan pemerintah. Perlu upaya untuk membantu memenuhi kebutuhan dana investasi pembangunan. Diantaranya sebagai berikut :

  • Lebih mengembangkan ekspor komoditi non migas, sehingga dapat meningkatkan penerimaan pemerintah dari sektor luar negeri.
  • Mengusahakan adanya pinjaman lur negeri yang mempunyai syarat yang lunak
  • Menciptakan iklim investasi yang menarik dan aman bagi para penanam modal asing
  • Lebih menyempurnakan dalam bidang perpajakan dan perkreditan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s