liburanku ke baduy bersama backpacker bogor comunity

siapa yang ga kenal suku baduy , pasti pada kenalkan hmm

okasi Suku Baduy tepatnya berda di kaki pegunungan Kendeng di desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak-Rangkasbitung, Banten, berjarak sekitar 40 km dari kota Rangkasbitung. Masyarakat Suka baduy di Banten termasuk salah satu suku yang menerapkan isolasi dari dunia luar itulah salah satu keunikan suku baduy. Sehingga wajar mereka sangat menjaga betul ‘pikukuh’ atau ajaran mereka, entah berupa kepercayaan dan kebudayaan.

Masyarakat suku baduy benar-benar menjaga adat Istiadatnya dan sangat menjaga alam sekitar. Mereka sadar bahwa mereka hidup dari alam dan berdampingan dengan alam, sehingga mereka harus memiliki kearifannya terhadap alam. Banyak ajaran Suku Baduy berupa larangan atau anjuran yang sebenarnya di khususkan untuk menjaga agar alam.

Wilayah suku baduy sendiri terbagi kedalam 2 daerah yaitu suku baduy dalam dan baduy luar. Suku baduy dalam merupakan suku baduy yang benar-benar masih menjaga pikukuhnya sedangkan suku baduy luar merupakan suku baduy yang sudah berbaur dengan masyarakat sekitarnya.

aku akan menceritakan pengalaman yang aku lalui bersama team backpacker bogor

988903_256145664525118_775839005_n

awal mulanya aku lihat trip mereka yang ke gunung gede pangrango, sayangnya adalah mama tercintahku yang tak mengizini anaknya yang manis dan lucu ini untuk naik gunug😦

padahkan aku sangat ingin naik gunung , huppff akhirnya aku tertuju pada trip selanjutnya yang ke baduy . alhasil aku daftar tuh untuk pergi ke pedalaman suku baduy. aku masuk suku baduy luar sama dalam lho, sayangnya aku ga punya kamera jadi aku numpang foto aku sama aa agus yang emang bertugas sebagi seksi dokumentasi dan beberapa teman baruku haha. oh iya jadi nanti hasil jepretan fotonya bukan punya aku yaa, tapi punya anak-anak team backpacker bogor comunity yang ngetrip bareng aku😀

166088_4802881072134_1157514220_n

988803_4802875551996_1325211117_n

971243_256166007856417_1367687965_n

969903_4802882952181_1236139780_n

969106_4802958274064_404046296_n

960074_10200144518604221_934692095_n

946943_4802874351966_1604768392_n

946904_4802887152286_1512349695_n

936774_256158971190454_894457789_n 931254_10200144529644497_1973051621_n

580889_256159121190439_327997101_n

581950_4802918273064_714964673_n

484700_256159187857099_1105214141_n

431952_256158744523810_310863010_n

dan aku juga ga akan menceritakan tentang sejarahnya, karena dodolnya aku adalah ga terlalu memperhatikannya haha, beda dengan teman aku kayak anis, ari, iyang dan novi mereka mencatatnya dan akan mereka publish di blog mereka. nah! masalahnya aku ga tau blog mereka huwaaa😦

aku hanya share foto-foto dari mereka aja yaa . . .

#plak terus kenapa kamu posting tentang baduy rere😦

yah namanya juga anak yang lagi pengen posting😛

soo, let’ go

bertemu dengan panita dan teman-teman baruku di puri begawan , setelah itu langsus cuss ke stasiun naik kereta jurusan tanah abang, turun di tanah abang . naik kereta jurusan rangkas bitung . . sumpah ya keretannya tuhhh panas, rada kaget juga liatnya ternyata keretanya panjang juga melebihi kereta ekonomi yang sering aku naikin kalau ke kampus haha .

setelah sampai di rangkas bitung, kita makan malam huwaa laparnyaa😦 . setelah itu pas kita mau pergi, pokoknya ntah apa yang terjadi, karena aku juga bingung haha

_MG_0850

8659_257401854399499_859291694_n

kita bertemu dengan pemuda pencinta alam gitu deh, terus para supir angkotnya pada nawarin ke kita gitu untuk naik angkotnya, pasti karena tas carielnya aa bagus yang mencolok haha, padahal aku dan yang lain juga mencolok lho😛

dan pokoknya kita sampai jam 9 malam di ciboleger, setelah mengurusi administrasinya kita masuk ke baduy luar, tau ga subhanallah banget deh kenapa kenapa?

384746_10200144572965580_232053247_n

426719_256165714523113_2115619859_n

BLSLt3MCQAIM07e

karena aku dan teman-temanku waktu masuk baduy luar di temani oleh bulan dan bintang-bintang, jadi tuh jalan akunya ga gelap-gelap banget lah malah terang banget kayak subuh deh langitnya
suka bangetttt terimakasih ya Allah😀

nyampe rumah warga sekitar jam set.12an lah, klo ga salah . oh iya kita tuh nginep dirumah warga baduy luar , setelah itu kita istrirahat . . .

988719_10200144493083583_717351890_n

988411_256237437849274_162116162_n

968976_256165747856443_387090389_n

941392_256237141182637_478728577_n

karena besok jam 10nya kita akan jalan menuju baduy dalam, dan tau ga kalian saat perjalan menuju baduy dalam HUJAN !!! TIDAKKKK , untung udah antisipasi dengan melindungi baju-baju dengan plastik haha

kebayang ga, jalan hujan-hujan, campur keringet tanjakan yang nanjaaaaakkkkk pisan . ga kebayang kan? haha makanya ayoo ke sana seruuu banget lho . oke lanjut nii . . karena aku lelet aku berda di posisi akhir-akhir gitu deh, prinsip aku adalah yang penting aman dan sampai hhe😛

931193_10200144572005556_798187954_n

923351_10200103868432034_1240140821_n

923106_10200144497963705_1122632478_n

padahla ga boleh gitu lho, dan akhirnya sampai juga di baduy dalam horeee Alahmdullilah , nyampe baduy dalam jam set.2 untuk aku, ijal, nedi dan mega . kalau yang lain mah set.jam udah sampai duluan haha . . .

di baduy dalam ga boleh foto-foto, nyalain hp sama mandi ga boleh pake sabun, sampo, odol . bolehnya kita mandi pake daun honjee beucghhh wanginya dan lebih enak ketimbang sabun lho haha😀

581274_4803047036283_68855744_n

484741_4627779221718_1027824116_n

okelah kalau begitu itu review nya aku, mungkin yang kalian lebih bagus dari aku . mohon maaf kalau ada salah-salah kata yaa karena aku hanya manasuia biasa *yaiyalah siapa bilang kamu sailormoon*

947012_256573771148974_657192198_n

semangatttt semuanyaa *pelukkkk* :*

sumber tata lokasi baduy : http://www.dulang777.com/wisata-budaya-banten-mengenal-suku-baduy/

One thought on “liburanku ke baduy bersama backpacker bogor comunity

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s