evaluasi keberhasilan koperasi dari sisi anggota

Evaluasi keberhasilan koperasi dilihat dari sisi anggota
Didalam koperasi memiliki beberapa evaluasi diantaranya adalah
1. Efek ekonomi koperasi
Di dalam koperasi hubungan yang paling penting adalah hubungan dengan para anggotanya, yang memiliki kedudukan sebagai pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi tersebut. Koperasi dapat dipandang dari sudut ekonomi, pengertian koperasi dapat dinyatakan dalam kreteria identintas yaitu anggota sebagai pemilik sekaligus sebagai pelanggan.
2. Efek harga dan efek biaya
Partisipasi anggota menentukan keberhasilan koperasi sedangkan tingkat partisipasi anggota dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya sebagao berikut : besarnya nilai manfaat pelayanan koperasi secara utilitarian maupun normatif.
Utilitarian sejalan dengan kemanfaatan ekonomis. Kemanfaatan ekonomis adalah insentif berupa pelayanan barang jasa oleh perusahaan koperasi yang efisien atau adanya pengurangan biaya dan atau diperolehnya harga menguntungkan serta penerimaan bagian dari keuntungan baik secara tunai maupun dalam bentuk barang.

3. Analisis hubungan efek ekonomis dengan keberhasilan koperasi
Dalam badan usaha koperasi laba bukanlag satu-satunya yang dikejar oleh manajemen melainkan juga aspek pelayanan. Ditinjau dari konsep koperasi fungsi laba bagi koperasi tergantung pada besar kecilnya partisipasi ataupun transaksi anggota dengan koperasinya.

4. Penyajian dan analisis neraca pelayanan
Disebabkan oleh perubahan kebutuhan dari para anggota dan perubahan lingkungan koperasi terutama, tantangan-tantangan kompetitif, pelayanan koperasi terhadap anggota harus secara kontinue disesuaikan. Ada dua faktor utama yang mengharuskan koperasi meningkatkan pelayanan kepada anggotanya
• Adanya tekanan persaingan dari organisasi lain terutama organisasi non koperasi
• Perubahan kebutuhan manusia sebagai akibat perubahan waktu dan peradaban kebutuhan ini akan menentukan pola kebutuhan anggota dalam mengkonsumsi produk-produk yang ditawarkan oleh koperasi.
Bila koperasi dapat memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan anggota yang lebih besar daripada pesaingnya maka tingkat partisipasi anggota terhadap koperasi akan meningkat.

sumber:http://sissyshantie.wordpress.com/2011/01/02/evaluasi-keberhasilan-koperasi-dilihat-dari-sisi-anggota/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s